Ternyata suku Talaud di Indonesia, adalah suku Israel yang hilang

Diposting oleh Al Jafari pada 08:09, 31-Jan-13

Indonesia merupakan negara yang besar dan terdiri dari banyak suku bangsa, dan suku bangsa inilah yang menjadi pembeda dan keragaman dari negara Indonesia. Namun benarkah dari sekian suku di Indonesia, ada suku tertentu yang merupakan keturunan dari sepuluh suku Israel yang hilang. Alasan inilah yang membuat seorang Yan Yakov Metuak ankat bicara. Menurutnya ada kemungkinan suku-suku Israel tersebut berada di Indonesia. Dan menurutnya suku Talaud merupakan salah satu dari suku itu.



Talaud merupakan suatu pulau yang ada di utara Indonesia, tepatnya di sulawesi utara di kepulauan Karakelang. Dalam bahasa Talaud, Talaud disebut Taroda, Taloda, atau Porodisa. Dan pulau ini menjadi perbatasan antara Indonesia dan Filipina. Menurut Yan Yakov Metuak dalam blognya bahwa suku ini benar merupakan keturunan Israel. Suku tersebut memiliki budaya yang berupa permainan yang berbentuk Hexagram, atau lebih mirip bintang Daud simbol Yahudi Israel. Permainan ini terdiri atas garis-garis berbentuk bintang Daud, dengan setiap pemain di haruskan memindahkan benda yang diletakkan dititik garis tersebut ke titik seberang, dan jumlah dari benda tersebut ada dua belas, persis seperti keduabelas suku Israel. Selain itu, tradisi lain dari suku ini juga memiliki kemiripan dengan orang-orang Yahudi Israel.

Dari segi bahasa suku Talaud juga memiliki banyak kesamaan dengan suku Israel yang hilang. Seperti kata MANNA, bagi suku Talaud MANNA berarti makan, sedangkan bagi orang Israel MANNA merupakan makanan yang menopang mereka selama perjalanan mereka di padang gurun. Selain itu nama-nama orang Talaud pada umumnya menggunakan nama dan marga Yahudi seperti, Abraham, Yakov, Yakob, Yohanes, Matius, Nikodemus, Yan, Metuak, Sarah, Miryam, dan lain-lain. Bukti lain dapat ditemui disebuah desa di kepulauan tersebut yaitu desa Tarohan, di desa tersebut berdiri Gereja yang bernama Gereja Sion Tarohan, juga sekolah yang bernama SDK Sion Tarohan. Dan ketahuilah para tetua dan seluruh suku ini meyakini akan kembalinya mereka ke Sion yaitu Yerusalem baru yang ada di Israel.

Jika kebenaran teori ini disetujui, maka Indonesia akan kehilangan satu suku beserta keragamannya. Ketahuilah Israel selalu punya cara untuk menemukan saudaranya.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

14 tanggapan untuk "Ternyata suku Talaud di Indonesia, adalah suku Israel yang hilang"

stevenly takapaha pada 04:48, 04-Nov-15

masih perlu penelitian yang dalam, karena mayoritas suku talaud dan sangihe adalah Kristen dan nama-nama yang diberikan kepada anak diambil dari Alkitab.

Master Manoy Kakahis., SH pada 06:45, 04-Nov-15

Sekarang pertanyaannya adalah Apakah sudah siap Negara Indonesia jika sewaktu-waktu Negara Israel meminta sukunya yg hilang itu ? Kalau tidak diberikan tentunya salah satu jalan keluar adalah suku Talaud hijrah ke Israel.

Yakub Abbas pada 23:30, 04-Nov-15

Org menunjukkan bangsanya, mis. Org Arab, org China, org Eropa, dan Org Afrika jelas keturunannya, tipikalnya dan postur tubuh serta kulitnya...bgm org Asia disamakan dgn org Eropah atau Arab.

Mela pada 00:44, 05-Nov-15

Setuju sama om Stevenly . Nama2 Sion dll itu memang di ambil d Alkitab karena agama Talaud it Kristen . Jadi memang perlu penelitian lgi

aldi pada 01:32, 05-Nov-15

bahasa talaud kuno (bara atta) artinya: kami mencipta adlh bhs ibrani.

Iin Pelealu pada 12:43, 05-Nov-15

Ya..perlu penelitian lagi,,krna byk memakai nama/marga berdasar pd ALKITAB. Bisa saja pengaruh ketika dijajah oleh bangsa spanyol dan portugis hingga membawa dampak pd kebiasaan

Horius pada 23:41, 05-Nov-15

Sangat spekulatif. Ini ada juga suku lain yang mengaku sebagai suku Israel yang hilang https://tabirkebenaran.wordpress.com/orang-rote-adalah-suku-israel-yang-hilang/

Zion Fazryion pada 10:57, 06-Nov-15

Waduh MIN, Rata2 org Katolik dan Protestan nama nya diambil dari Alkakitab kali. Trus permainan yg dimaksud juga ada tu di disuku dayak, namanya main Macan, permainan wkt melayat orang meninggal.

elly johanis pada 01:25, 07-Nov-15

tidak mendasar,,,,,

Nasution... pada 02:04, 07-Nov-15

sebaiknya kita bersyukur dengan informasi ini, setidaknya pengetahuan kita bertambah,..namun satu hal,kebenarannya perlu kajian yg khusus,. walaupun hampir 71% masyarakat suku TALAUD diatas rata-rata, bahkan banyak orang-orangnya terlalu pandai ...

serly hambari pada 03:00, 07-Nov-15

Mkn,,,,juga karena cara hidup dan bagaimn mereka menguduskan hour mingu,,,,,mkn menjadi perhatian,,,,,,,,dan permainan hexa juga mereka bw dlm tari2an...........dan memang qlo agama kristen ambil nama alkitab tapi tdk seperti mereka hampir semua pakai nama yahudi,,,,,,,,,,dfan jgn salah qlo nama2 mereka dr perjanjian lama dan bukan perjanjian baru,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

asrp geutih pada 03:15, 07-Nov-15

bodo amat mw d ambil sama israel jg, emang itu bkan org indonesia kan ktanya org israel yg hilang

fikan pada 00:40, 08-Nov-15

dilihat dr ciri2 fisiknya adja,kan beda antara org indonesia sama org israel

natalia pada 00:49, 08-Nov-15

Aku ttp anak Indonesia

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar