Ternyata suku Talaud di Indonesia, adalah suku Israel yang hilang

by Al Jafari on 08:09 AM, 31-Jan-13

Indonesia merupakan negara yang besar dan terdiri dari banyak suku bangsa, dan suku bangsa inilah yang menjadi pembeda dan keragaman dari negara Indonesia. Namun benarkah dari sekian suku di Indonesia, ada suku tertentu yang merupakan keturunan dari sepuluh suku Israel yang hilang. Alasan inilah yang membuat seorang Yan Yakov Metuak ankat bicara. Menurutnya ada kemungkinan suku-suku Israel tersebut berada di Indonesia. Dan menurutnya suku Talaud merupakan salah satu dari suku itu.



Talaud merupakan suatu pulau yang ada di utara Indonesia, tepatnya di sulawesi utara di kepulauan Karakelang. Dalam bahasa Talaud, Talaud disebut Taroda, Taloda, atau Porodisa. Dan pulau ini menjadi perbatasan antara Indonesia dan Filipina. Menurut Yan Yakov Metuak dalam blognya bahwa suku ini benar merupakan keturunan Israel. Suku tersebut memiliki budaya yang berupa permainan yang berbentuk Hexagram, atau lebih mirip bintang Daud simbol Yahudi Israel. Permainan ini terdiri atas garis-garis berbentuk bintang Daud, dengan setiap pemain di haruskan memindahkan benda yang diletakkan dititik garis tersebut ke titik seberang, dan jumlah dari benda tersebut ada dua belas, persis seperti keduabelas suku Israel. Selain itu, tradisi lain dari suku ini juga memiliki kemiripan dengan orang-orang Yahudi Israel.

Dari segi bahasa suku Talaud juga memiliki banyak kesamaan dengan suku Israel yang hilang. Seperti kata MANNA, bagi suku Talaud MANNA berarti makan, sedangkan bagi orang Israel MANNA merupakan makanan yang menopang mereka selama perjalanan mereka di padang gurun. Selain itu nama-nama orang Talaud pada umumnya menggunakan nama dan marga Yahudi seperti, Abraham, Yakov, Yakob, Yohanes, Matius, Nikodemus, Yan, Metuak, Sarah, Miryam, dan lain-lain. Bukti lain dapat ditemui disebuah desa di kepulauan tersebut yaitu desa Tarohan, di desa tersebut berdiri Gereja yang bernama Gereja Sion Tarohan, juga sekolah yang bernama SDK Sion Tarohan. Dan ketahuilah para tetua dan seluruh suku ini meyakini akan kembalinya mereka ke Sion yaitu Yerusalem baru yang ada di Israel.

Jika kebenaran teori ini disetujui, maka Indonesia akan kehilangan satu suku beserta keragamannya. Ketahuilah Israel selalu punya cara untuk menemukan saudaranya.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

No comments yet. Why not make the first one!

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images